Proses Ganti Nama Akte, KK, dan KTP


Hola gaesss.. sekian lama gak posting apa2, akhirnya hari ini bisa nulis lagi 😂. Itupun karena nazar sebenernya wkwk. Tapi gapapa itung2 ngasih makan Blog. Okedeh kali ini gue mau cerita tentang proses ganti nama, entah karena salah nama ijazah, entah biar hoki. BTW gue ganti nama karena gak singkron dengan Ijazah gue. Nama gue di akte adalah Muchammad Fauzi Saputra, dan nama itu kepake di KTP. Sedangkan nama di Ijazah dan sertifikat2 SD - Kuliah adalah Muhammad Fauzi Safutra. Sebenernya sih bukan ganti nama, cuma typo aja ewwhh..

Jadi kesalahan ini berawal dari SD. Yak, pas kalian mau lulus SD pasti deh disuruh kumpulin akte buat penulisan Ijazah. Nah taunya dari SD gue ini salah nulis nama, dan kebetulan juga gue dan orang tua gak notice akan hal itu. Dan hal typo itupun berlanjut hingga kuliah. Karena kalo lu nulis nama ijazah SMP yang jadi patokan adalah ijazah SD, SMA patokannya SMP, dan seterusnya. Beda dengan KTP yg patokannya adalah akte dan KK. Kegaluan gue pun bertambah karena gue mau lulus kuliah, takutnya nama gue di disdukcapil redudancy lagi 😑. Akhirnya petualangan di mulai.

1. Pra Sidang

Syarat2 yang harus lu orang penuhi adalah, oiya biar aman semua dokumen di FC rangkap dan di scan ya. Buat jaga2.


Setelah syarat2 lengkap tinggal meluncur ke pengadilan Jakarta Selatan. Asli ini baru pertama gue ke pengadilan 😂. Ambil no.antrian trus tunggu giliran deh. bilang aja mau ganti nama trus serahin berkas2 lu. Setelah itu lu bakal disuruh bayar di kasir. Biayanya 321 rb. saran gue siapin uang cash deh biar ga ribet2 ke atm dulu.

Setelah itu kalian disuruh nunggu kabar 2-7 hari lewat telpon untuk dikabari jadwal sidang. Ternyata gak lama kok setelah gue sampe rumah malah langsung dikabarin kalo gue sidang minggu depan. Nah sebelum hari H sidang kita di anjurkan untuk mengambil surat sidang terlebih dahulu. Surat tersebut berisi tujuan sidang kita, jam sidang, ruang sidang, dan hakim yang akan nyidang kita.

2. Sidang

Nah pas sidang ini jangan lupa bawa saksi dua orang beserta fc ktpnya mereka. Bawa juga dokumen (asli dan FC) pendukung (KTP, KK, Akte, Ijazah, Surat permohonan, Sertifikat, dll.) kemarin yang telah kalian urus dan juga surat sidang yang kemarin kalian ambil. Saksinya bebas mau dari mana, teman atau keluarga juga boleh. Yang penting kenal sama kalian.
Proses sidang berlangsung, usahakan datang sepagi mungkin. Jangan ada ngaret kalo gamau dapet urutan terakhir sidang. Karena yg sidang ganti nama bukan kita doang, tapi banyak.

Sidangnya tergolong nyantai kok, ga seserius kaya di tipi2 seperti yg gue pikir 😂. Nanti lu orang dan saksi akan di tanya2 hubungan kalian apa, alasan ganti namanya apa, pertanyaan dasar pokonya.. Oiya trus kalo pas sidang gabisa dateng gimana? sebenernya bisa di wakilkan dengan surat kuasa, tapi percaya gaes itu ribet dan gue kurang tau detailnya. Gue sih prefer diri sendiri yaaa.. (masih anak kuliah soalnya dulu wkwkk). Nah kalo nanti ada yg minta2 biaya saksi atau sumpah jangan dikasih gaes. Karena kalian harusnya gausah bayar lagi. Cukup 321rb di awal saat sebelum sidang.

Setelah sidang selesai kalian akan disuruh tunggu lagi 2-5 hari untuk ambil berkas hasil sidang, lagi2 kalian gaperlu bayar kalo ada yg minta. Makesure nomor handphone kalian selalu aktif untuk dihubungin.

3. Post Sidang

Oke saatnya mengambil hasil sidang, cuma sebentar kok. Datang lagi ke pengadilan negeri jaksel membawa kwitansi pembayaran yang sudah kita lakukan dan bawa surat sidang yang kemarin. tinggal bilang ke petugasnya disana. ingat jangan ngasih apapun kalo diminta bayar, karena kita udah bayar semua dimuka. daannn YEaaaaahhh Nama gue officially Muhammad Fauzi Safutra . Surat hasil sidangnya kaya gini :



4. Ubah Nama Dinas Pendudukan Pencacatan Sipil

Langkah selanjutnya adalah merubah nama pada catatan sipil untuk ubah akte. Coba kalian lihat di halaman terakhir bagian Putusan hukum/sidang gitu gue lupa. Kalian baca dengan teliti. Disitu tertulis kalian harus ubah nama dimana, bisa di tingkat walikota/provinsi. Karena gue kemarin ke dinas pencatatan sipil jakarta selatan yg di daerah kebayoran baru ditolak, karena putusan pengadilannya menyarankan gue untuk mengurus di tingkat provinsi. Akhirnya gue pergi dan ngurus ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Prov. DKI Jakarta yang deket trisakti. Dokumen yg dibawa adalah Akte, KK, KTP, Dokumen pendukung, dan Putusan pengadilan (semua dokumen tsb bawa yg asli dan FC). Kita tinggal isi formulir dan ngasih berkas yg diminta. Kalo gasalah FC KTP, KK, Putusan Pengadilan dan Akte asli. Dokumen lain yg asli buat dicek, sesuai apa enggak.

Nah setelah itu berkas kita akan ditahan beserta Akte asli kita. tenang jangan panik. Karena kita akan dikasih surat bukti buat pengambilan. Biasanya 2 minggu jadi. Dan ternyata benar 2minggu pun jadi. Setelah akte baru kita jadi langsung aja fotokopi disana untuk diminta legalisir. Mumpung disana, biar ga bolak balik. Selanjutnya adalah ubah data KK dan  KTP.

Setelah akte bau gue jadi (anjay) kita diminta pergi meinggalkan gedung hahaa. Maksudnya kita harus pergi ke Dinas Catatan Sipil Jakarta Selatan yg di Kebayoran Baru tadi. Berkas yg di bawa pun berbeda :
1. Surat pengantar RT dan RW dengan keterangan ubah data di KTP dan KK.
2. Surat pengantar kelurahan dengan keterangan ubah data di KTP dan KK.
3. KK Fc dan asli
4. KTP Fc dan asli
5. Akte (yg baru dan yg lama) Fc dan asli
6. Ijazah Fc dan asli
7. Materai 6000

Setelah sampai disana, kita disuruh isi formulir terlebh dahulu. Lalu kemudian diperkenankan balik lagi ke petugasnya. Lalu kita dikasih salinan atau draft KK yg baru dengan nama kita yg telah diubah. Kemudian untuk cetak KK dan KTPnya kita harus kekelurahan . Nice dilempar2 aing teh -___-.

Nah pas mau ke kelurahan jangan lupa bawa berkas2 diatas (sampe bosen ngetik dokumennya -__-). dan juga draft KK yang dikasih dari disdukcapik jaksel. Kita disuruh nunggu sehari (lagi) untuk ambil KKnya. Sedangkan KTPnya gabisa cepet dicetak dan langsung dikasih Suket deh gue (alamat nunggu setahun lagi inimah buat e-ktp). Tapi kata mba2 kelurahannya disuruh ngecek per dua minggu sih..

Bayklaahh segitu aja ceritanya ya. Semoga bermanfaaaaaaatt. See you gaes !

Komentar