Tugas P1 : Wawancara Dengan Perusahaan IT



Pada tanggal 29 September lalu saya berkesempatan untuk berdialog dengan salah satu Programmer di PT. Metalogic Infomitra, yaitu Pak Syahroni.  Dia menyampaikan bahwa perusahannya bergerak dalam penjualan Hardware dan Software namun mayoritas pemasukan perusahaannya berasalah dari penjualan Software. Karena memang software memiliki pasar dan margin keuntungan paling besar. Produk software yang dijual meliputi Application, SIstem Payroll, dan ERP. Namun produk yang paling laku adalah Pro Swtching, imbuhnya.
Lanjut, untuk memasarkan produk perusahaan yang mereka punya ada tim khusus marketing, tapi pada kenyataanya client berdatangan sendiri tanpa marketing menghampiri. Karena kinerja perusahaannya baik sehingga para clientnya merekomendasikan kepada rekannya yang lain. Namun tetap saja, yang namanya marketing pasti punya target. Sehingga jika tidak mencapai target mereka akan akan dimutasi ke divisi lain. Target penjualan minimum yang harus diperoleh sebesar 1 Milyar.
Perusahaan ini memiliki 43 karyawan yang menempati beberapa divisi yang diperusahaan tersebut diantaranya, software, hardware, HRD dan bagian umum. Perusahaan yang dipimpin oleh dua orang kawan ini, yaitu Pak Handi dan Pak Januar mempunyai client yang tersebar ke seluruh Indonesia. Rata – rata clientnya berasal dari manufaktur dan Bank. Diantaranya adalah Astra, Bank DKI, Bank BRI, dan Bank Sulsel.

Perusahaan yang terletak di Jalan Kemandoran ini menyediakan fasilitas untuk para karyawannya. Diantaranya Gaji pokok, Asuransi, Bonus Tahunan, Komisi Bulanan, Oating keluar negri, serta uang bensin dan parkir. Mayoritas karyawan disini merupakan lulusan Universitas Bina Nusantara (Binus) yang jarak kampusnya tidak terlalu jauh pula dari kantor tersebut. Untuk menjadi karyawan disini calon pelamar diwajibkan Sarjana dan mempunyai skill yang mumpuni.

Website : www.metalogic.co.id

Komentar