Operai Pada Blender

Pada kesempatan kali ini kita akan membuat operasi antar 2 buah objek pada Blender. Kita akan mencoba untuk memakai 2 operasi, yaitu Union dan Difference.

Kita akan membuat 2 skenario sebagaimana dibawa ini :

1. Objek berbentuk sama tetapi beda ukuran, warna, dan posisi
2. Objek berbeda bentuk, ukuran, dan warna

>> Skenario 1

Pertama bukalah aplikasi Blender kemudian berilah sebuah objek Cube, lalu beri warna biru. Caranya adalah dengan Material > Diffuse Color :


Sekarang tambahkan 1 buah Cube dengan cara tekan Shift + A > Mesh Cube. Kemudian pastikan warna, ukuran, dan posisinya berbeda dari Cube yg satu lagi yaitu yg berarna biru.


Setelah itu seleksi kedua Cube tersebut dengan cara klik kubus berwarna abu - abu lalu tekan Shift, kemudian klik lagi Cube yg berwarna biru. Setelah itu pilih Modifiers (Bergambar kunci inggris) > Add Modifiers > Boolean. Ubah operationnya menjadi Union dan objectnya menjadi Cube001. Lalu pilih Apply.


Kemudian untuk mengetahui apakah operasi yg kita berikan berhasil atau tidak, caranya adalah geser satu Cube, jika keduanya ikut bergeser. Maka berhasil.

>> Senario 2

Pertama buatlah dua buah objek yg berbeda. Sebuah Cube dan sebuah Cylinder. Kemudian beri warna yang berbeda pula.


Setelah itu letakkan Cylinder di dalam Cube, hingga menembus Cube tersebut, seperti dibawah ini :


Kemudian seleksi kedua objek tersebut dengan cara tekan Shift lalu klik kedua objek tersebut. Setelah itu kita akan memberikan operasi Boolean Difference. Caranya adalah pilih Modifiers (gambar kunci inggris) > Add Modifiers > Boolean. Kemudian ubah operation menjadi Difference dan object menjadi Cylinder, kalau sudah tekan Apply.


Untuk mengetahui apakah operasi yang kita lakukan berhasil atau tidak, caranya adalah dengan menggeser Cylinder. Jika Cube tersebut bolong dan berbentuk lingkaran, maka operasi yang kita lakukan berhasil.


Selamat mencoba !










Komentar