Internet dan New Media

Pada kesempatan kali ini saya akan ngulik tentang internet dan new media. Mungkin agan agan udah pernah denger apa itu internet dan new media, tapi sebenernya agan tahu gak sih apa itu internet dan new media ? . Mulai dari pengertian, sejarah, perkembangan, dan pengaplikasiian di masa yg canggih ini. Berikut gan kita bahas, cekidot.




Internet


Agan tau internet ? Internet udah lumrah banget ya kedengeran dikuping kita, tapi kebanyakan  orang itu masih belum faham betul apa sih internet. Internet adalah singkatan dari Interconnection Network atau gampangnya adalah sebuah jaringan yang saling menghubungkan seluruh komputer di dunia melalui perantara jaringan. Jadi Internet membawa banyak sekali dampak perubahan kehidupan manusia. Contohnya zaman dulu kalau mau ngirim surat harus pakai burung, sekarang ini tidak perlu pakai burung tapi cukup gunakan internet saja. Melalui layanan e-mail kita bisa mengirim dan menerima surat secara real time kapanpun, dan dimanapun. Dengan adanya internet keterbatasan waktu dan tempat bisa diminimalisir, sehingga kehidupan kita lebih nyaman dan mudah.


Sejarah internet sendiri awalnya berasal dari jaringan antar komputer di departemen pertahanan Amerika yang niatnya hanya untuk kepentingan pertahanan dan militer tahun 1969 gan, nama proyeknya disebut ARPANET. Nah kemudian berkembang lagi menjadi jaringan TCP/IP. Pada akhirnya jadilah Internet itu gan karena terus mengalami kemajuan. Nah itu sejarah dan perkembangan internet secara singkat banget gan.





New Media


Agan kurang ngerti New Media? nyok kita bahas bareng2 gan. New Media itu kalo kita translate-in (maksa) ke Bahasa Indonesia artinya media baru. Atau kalo kita pikir2 secara mendalam lagi adalah media yg baru2 ini muncul dan booming serta menjadi trend topik di jagat teknologi gan. Belakangan ini banyak banget new media yg bermunculan gan, dari semua gaya kehidupan dan semua aktifitas kita. Buanyak banget deh, nah new media itu bukan hanya sekedar program aplikasi gan., tapi juga hardware yg makin mempermudah kehidupan kita. Berikut dampak dari new media:


1. Dampak Positif

  •  Mempermudah kehidupan
  •  Menunjang hidup
  •  Memudahkan mencari dan mendapatkan informasi
  •  Menghalangi batas ruang dan waktu
2. Dampak Negatif
  • Menimbulak cyber crime, dan kejahatan teknologi lainnya.
  • Membuat orang semakin malas dan membuat ketergantungan



Banyak banget gan contoh dari New Media gan. Mulai dari social, e-commerce, e-learning, dll.
Nah kali ini kita akan membahas tentang New Media yg bernama Youtube gan, cekidot.

Youtube adalah situs web sharing video gan, jadi agan bisa mamuat, mengupload, menonton dan berbagi video disini. Umumnya video di Youtube berisi klik video musik, cuplikan film, dan video yang dibuat oleh pengunggah.



Nah jadi awalanya perusahaan yang bernama Youtube ini didirikan pada tahun 2005 oleh tiga mantan karyawan PayPal gan, nah karena makin lama makin maju di akuisisilah ini perusahaan sama Google dengan harga saham yg fantastis gan US$ 1,65 miliar dan beroperasi sebagai anak perusaahan google.

Semua pengguna YouTube dapat mengunggah video dengan batas durasi masing-masing 15 menit. Pengguna yang memiliki jejak rekam baik dengan mematuhi Panduan Komunitas YouTube diizinkan mengunggah video berdurasi 12 jam, tetapi akunnya perlu diverifikasi (biasanya melalui telepon genggam). Saat YouTube diluncurkan tahun 2005, pengguna bisa saja mengunggah video panjang, tetapi batas 10 menit diberlakukan pada Maret 2006 setelah YouTube menemukan bahwa kebanyakan video yang melebihi panjang tersebut berupa acara televisi dan film yang tidak diizinkan. Batas 10 Menit Tersebut Ditambah Menjadi 15 Menit Pada Bulan Juli 2010. Ukuran berkas dibatasi hingga 2 GB untuk unggahan dari situs web YouTube atau 20 GB jika pengguna memakai penjelajah versi terbaru.


YouTube menawarkan uji beta pada Mei 2005, enam bulan sebelum peluncuran resmi pada November 2005. Pertumbuhan situs ini meroket dan pada bulan Juli 2006, perusahaan ini mengumumkan bahwa lebih dari 65.000 video diunggah setiap harinya dan situs ini menerima 100 juta kunjungan video per hari. Menurut data yang dikumpulkan perusahaan riset pasar comScore, YouTube adalah penyedia video daring utama di Amerika Serikat dengan pangsa pasar 43 persen dan lebih dari 14 miliar video ditonton pada bulan Mei 2010. YouTube mengatakan bahwa sekitar video berdurasi total 60 jam diunggah setiap menit dan tiga perempat materialnya berasal dari luar A.S. Situs ini menerima delapan ratus juta kunjungan unik setiap bulannya. Diperkirakan bahwa pada tahun 2007 YouTube mengonsumsi pita lebar yang sama besarnya seperti seisi Internet tahun 2000. Alexa menempatkan YouTube sebagai situs ketiga yang paling banyak dikunjungi di Internet, setelah Google dan Facebook.

Pemilihan nama www.youtube.com memunculkan masalah dengan situs bernama serupa, www.utube.com Pemilik situs tersebut, Universal Tube & Rollform Equipment, mengajukan tuntutan hukum terhadap YouTube pada bulan November 2006 setelah situsnya dibanjiri pengunjung yang ingin mencari YouTube. Universal Tube sejak itu mengubah nama situsnya menjadi www.utubeonline.com. Pada bulan Oktober 2006, Google Inc. mengumumkan bahwa mereka telah membeli YouTube dengan nilai $1,65 miliar dalam bentuk saham. Persetujuan ini dirampungkan pada 13 November 2006. Google tidak memberikan informasi rinci mengenai biaya operasi YouTube dan pendapatan YouTube tahun 2007 ditulis "tidak material" dalam pengisian formulir wajib. Bulan Juni 2008, sebuah artikel di majalah Forbes memperkirakan pendapatan YouTube tahun 2008 mencapai $200 juta setelah mengamati kemajuan penjualan iklannya. Pengunjung YouTube rata-rata menghabiskan 15 menit sehari untuk menonton video di sana, berbeda dengan 4-5 jam sehari yang dihabiskan warga Amerika Serikat biasa untuk menonton televisi.


YouTube menjajaki kerja sama pemasaran dan periklanan dengan NBC pada bulan Juni 2006. Bulan November 2008, YouTube membuat persetujuan dengan MGM, Lions Gate Entertainment, dan CBS, yang mengizinkan mereka mengunggah film dan episode televisi berdurasi penuh ke situs ini, disertai kotak iklan khusus penonton AS yang diberi nama "Shows". Tindakan ini bertujuan menciptakan persaingan dengan situs web seperti Hulu, yang menyimpan material tayangan dari NBC, Fox, dan Disney. Bulan November 2009, YouTube meluncurkan "Shows" untuk penonton Britania Raya dan menawarkan sekitar 4.000 acara berdurasi penuh dari 60 mitranya. Pada Januari 2010, YouTube memperkenalkan layanan sewa film daring, yang saat ini hanya tersedia untuk pengguna di kawasan Amerika Serikat, Kanada, dan Britania Raya. Layanan ini menawarkan lebih dari 6.000 film.

sumbernya nih gan : https://id.wikipedia.org/wiki/YouTube




Komentar