Manusia & Cinta Kasih


Makna Cinta Kasih



Kasih dalam arti disini mengasih atau memberi sesuatu. Entah itu memberi dalam bentuk apa, tapi kita simpulkan itu adalah memberi sesuatu dalam hal yang baik. seorang yang diberi sadar benar kalau dia diberi, dan seorang yang memberi pun sadar kalau telah memberi. Karena memberi dalam arti disini adalah memberi sesuatu yang bisa dirasa. Entah itu berupa barang atau berupa perhatian. maka tidak heran jika orang yang diberi mengucap pujian sebagai bentuk rasa terima kasih. sekaligus juga bisa menambah rasa simpati dari seorang yang diberi pada sang pemberi. Maka kesimpulannya bisa menjadi nilai baik bagi sang pemberi dimata orang yang telah diberi.

Sayang dalam arti disini adalah mengambil sesuatu. Dengan kata lain mengambil sesuatu yang buruk dari seseorang itu. Itulah mengapa sering kita dengar orang berkata. “orang itu sebenarnya ganteng, tapi sungguh disayangkan dia tak punya sopan santun”. Ataupun mungkin bisa dalam bentuk kiasan kata yang lainnya. maka bisa diambil kesimpulan bahwa kata sayang disini lebih mengarah pada koreksi atau tuntutan. Sebuah tuntutan agar orang itu bisa menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. misalnya seorang guru yang memarahi muridnya yang mungkin bandel ataupun karna sebab lainnya. marah yang seperti ini bukan didasari kebencian, tapi justru karena terlalu sayang. Sayang jika nanti muridnya akan mengalami kesulitan dimasa depan yang diakibatkan dari kelalaian dia saat ini. Adapun alasan mengapa harus terlihat seperti orang marah. Karena dengan cara yang terlihat seperti orang marah itulah yang justru akan menjadi pembangkit semangat muridnya untuk segera melakukan perubahan. mungkin dari sikapnya terlihat seperti orang marah, tapi dalam hatinya justru ada senyuman. tersenyum muridnya akan menuai sesuatu yang lebih baik dimasa yang akan datang
Dari pemahaman kata kasih dan sayang diatas bisa disimpulkan. Bahwa orang yang punya sifat penyayang, dipastikan juga punya sifat pengasih. Tapi orang yang punya sifat pengasih belum tentu punya sifat penyayang. Karena mungkin disebabkan dia akan ketakutan kalau nantinya justru akan mendapat balasan kebencian. Maka dibutuhkan sebuah kebesaran jiwa untuk bisa menjadi seorang yang penyayang.

Makna Kemesraan


Cinta yang berlanjut menimbulkan pengertian mesra atau kemesraan. Kemesraan adalah perwujudan dari cinta. Kemesraan dapat menimbulkan daya kreativitas manusia. kemesraan dapat menciptakan berbagai bentuk seni sesuai dengan kemampuan bakatnya. Kasih sayang adalah perasaan sayang, perasaan cinta atau perasaan suka kepada seseorang.kemesraan berasal dari kata mesra yang berarti erat atau karib. Sehingga kemesraan berarti hal yang menggambarkan keadaan sangat erat atau karib. kemesraan juga bersumber dari cinta kasih dan merupakan realisasi nyata. kemesraan dapat diartikan sama dengan kekerabatan, keakraban yang dilandasi rasa cinta dan kasih.
Ada pula, tingkatan kemesraan dapat dibedakan berdasarkan umur, yaitu:
>  Kemesraan dalam tingkat remaja, terjadi dalam masa puber atau genetal pubertas yaitu dimana masa remaja memiliki kematangan organ kelamin yang menyebabkan dorongan seksualitasnya kuat.
> Kemesraan dalam rumah tangga, terjadi antara pasangan suami istri dalam perkawinan. biasanya pada tahun tahun wal perkawinan, kemesraan masih sangat terasa, namun bisa sudah agak lama biasanya semakin berkurang.
>  Kemesraan manusia usia lanjut, kemsraan bagi manusia berbeda dengan pada usia sebelumnya. pada masa ini diwujudkan dengan jalan – jalan dan sebagainya.

Makna Pemujaan


Pemujaan adalah dimana kita memuja atau mengagungkan sesuatu yang kita senangi. Pemujaan dapat dilakukan dalam berbagai aspek seperti memuja pada leluhur,memuja pada agama tertentu dan kepercayan yang ada.seperti pemujaan pada leluhur adalah suatu kepercayaa bahwa para leluhur yang telah meninggal masih memiliki kemampuan untuk ikut mempengaruhi keberuntungan orang yang masih hidup. dalam beberapa budaya timur, dan tradisi penduduk asli amerika, tujuan pemujaan leluhur adalah untuk menjamin kebaikan leluhur dan sifat baik pada orang hidup, dan kadang-kadang untuk meminta suatu tuntunan atau bantuan dari leluhur. fungsi sosial dari pemujaan leluhur adalah untuk meningkatkan nilai-nilai kekeluargaan, seperti bakti pada orang tua, kesetiaan keluarga, serta keberlangsungan garis keturunan keluarga.
Pemujaan dimulai sejak manusia dilahirkan dengan akal yang dimilikinya. manusia telah berfikir kritis tentang alam dan kejadiannya. hal ini dapat diwujudkan dengan mengagumi dan bersyukur kepada sang pencipta. dalam mencari bentuk-bentuk pemujaan dapat berupa ibadah sebagai media komunikasi antara manusia dengan tuhan, membangun tempat ibadah yang sebaik-baiknya, mencipta lagu, puisi, novel, film, dan sebagainya yang bertema mencintai sang pencipta.

Belas Kasih

            Belas kasih adalah kebajikan di mana kapasitas emosional empati dan simpati untuk penderitaan orang lain dianggap sebagai bagian dari cinta itu sendiri, dan landasan keterkaitan sosial yang lebih besar dan humanisme-dasar ke tertinggi prinsi-prinsip dalam filsafat, masyarakat, dan kepribadian .
Dalam surat al –qolam ayat 4,” maka manusia menaruh belas kasihan kepada orang lain, karena belas kasihan adalah perbuatan orang yang berbudi. Sedangkan orang yang berbudi sangat dipujikan oleh allah swt.”
Perbuatan atau sifat menaruh belas kasihan adalah orang yang berahlak. Manusia mempunyai potensi untuk berbelas kasihan. Masalahnya sanggupkah ia menggugah potensi belas kasihannya itu. Bila orang itu tergugah hatinya maka berarti orang berbudi dan terpujilah oleh allah swt.
Ada aspek belas kasih yang menganggap dimensi kuantitatif, seperti individu belas kasih yang sering diberi milik  kedalaman,kekuatan atau gairah . Lebih kuat dari empati , merasakan umumnya menimbulkan aktif keinginan untuk meringankan penderitaan orang lain. Hal ini sering, meskipun tidak pasti, komponen kunci dalam apa yang memanifestasikan dalam konteks sosial .Dalam etika istilah, berbagai ungkapan bawah usia yang disebut golden rule mewujudkan oleh implikasi prinsip kasih sayang: untuk orang lain apa yang anda ingin mereka lakukan untuk anda.

Macam2 Cinta




1.    Cinta Platonis
Cinta platonis adalah jenis cinta yang paling sederhana dari kelima jenis cinta yang dialami manusia. Mereka yang menjalaninya bahkan tidak menuntut apa-apa dari pasangan, terutama tentang seks.

2.    Cinta Tak Berbalas
Cinta tak berbalas adalah cinta yang penuh dengan kesedihan dan banyak dari kita telah mengalami. anda mungkin menemukan diri anda jatuh cinta dan tidak bisa mendapatkannya.

3.    Cinta Obsesif
Apakah anda seorang kekasih yang obsesif atau seseorang yang sangat kecanduan pada pasangan anda? cinta obsesif membuat anda merasa tak berdaya dan sangat kesepian ketika pasangan anda tidak berada di dekat anda. Cinta obsesif biasanya dialami oleh mereka yang baru merasakan cinta untuk pertama kalinya.

4.    Cinta Egois
Cinta egois membuat seseorang tidak peduli akan apa yang dirasakan pasangannya. Ia hanya peduli tentang dirinya sendiri dan apa yang baik baginya. Seorang kekasih yang egois bisa bersikap licik dan sering memanfaatkan kelemahan pasangannya.

5.    Cinta Pada Pandangan Pertama
Jenis cinta ini adalah yang paling spontan dan seringkali cepat dilupakan. Cinta pada pandangan pertama terjadi selama beberapa detik atau bahkan kurang.

6.    Cinta Romantis
Cinta romantis adalah jenis cinta yang paling menyenangkan. Anda ingin selalu bersama kekasih anda sepanjang waktu, dan bahkan ketika anda sedang tidak bersamanya, anda tidak dapat menahan keinginan untuk bertemu dengannya.

7.    Cina Tak Bersyarat
Berbahagialah mereka yang dapat mengalami jenis cinta ini. Tni tentu tidaklah mudah dan jelas bukan sesuatu yang kebanyakan orang inginkan. Namun ketika anda benar-benar merasakannya, anda bisa tahu apa itu cinta sejati.

sumber :
http://sheilynurfajriah.blogspot.com/2012/11/makna-cinta-kasih-dan-kasih-sayang.html
http://asalasah.blogspot.com/2012/12/7-jenis-macam-cinta-yang-dilalui-manusia.html

potret - bunda  Kubuka album biru
Penuh debu dan usang
Ku pandangi semua gambar diri
Kecil bersih belum ternoda

Pikirkupun melayang
Dahulu penuh kasih
Teringat semua cerita orang
Tentang riwayatku

Reff:
Kata mereka diriku slalu dimanja
Kata mereka diriku slalu dtimang

Nada nada yang indah
Slalu terurai darinya
Tangisan nakal dari bibirku
Takkan jadi deritanya

Tangan halus dan suci

Tlah mengangkat diri ini
Jiwa raga dan seluruh hidup
Rela dia berikan

Back to reff

Oh bunda ada dan tiada dirimu
Kan slalu ada di dalam hatiku.....
  sumber :http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000013776581/10-lagu-terbaik-tentang-kasih-sayang-seorang-ibu/
 

Komentar