Gak Bangga Jadi Diri Sendiri? Aku Sih No!


Dewasa ini banyak sekali generasi muda yg tidak bangga dengan apa yg dimilikinya, termasuk budaya yg mereka punya, adat yg mereka punya, dll. Namun apakah semua hal yg 'tidak dibaganggkan' itu bisa menghambat kesuksesan/perkembangan? cekidot deh. akan dibahas dimari :D

"Da aku mah seneng main angklung dari pada main yg kaya gitu2an" tutur tatang pemuda sunda. "Kalo main angklung mah itung2 ngelestarin budaya sendiri, udah gitu kalo pentas dapet bayaran lagi, hehe, kalo ikut2an yg kaya gitu mah .. ya keren tapi sama aja kita melestarikan budaya orang lain dong? plus menindih budaya kita dgn budaya tersebut" katanya sambil menunjuk orang berjoget ala kebaratan. Memang belakangan ini generasi muda kita rasanya sudah cenderung melakukan kebiasaan orang2 luar, termasuk budaya dan perilakunya. Hal ini bisa banyak kita temukan, contohnya lebih suka joget2 sempoyongan dari padi tari2an daerah, lebih suka meniru budaya2 luar dari pada mempertahankan budaya sendiri. Padahal kan sudah diakui dunia bahwa Indonesia adalah negara yg masyarakatnya harmonis dan berbudaya. Tapi masih aja ada anak muda yg malu ngomong bahasa daerah cuma karena takut dikatain kampungan.

Terus nih ya yg lebih parahnya lagi, kebiasaan2 buruk dari luar pun ikut masuk ke dalam negeri, contohnya mabuk2an, dan seks bebas. Waduh yg satu ini udah sangat ga bisa didiemin deh, karena bakal ngaruh ke masa depan si anak juga. Orang tua juga harus peran andil dalam hal ini. Mampu mengawasi anak2nya, selalu ngingetin anak2nya. dan jangan asal ngasih kebebasan yg semena2.
ngapain coba nyoba2 hal baru yg negatif gitu? gausah deh. orang udah tau negatif masih aja dicoba, apalagi sampe keterusan. Saya sudah pernah meneliti tentang hal seperti ini dimasyarakat. Orang yg lebih banyak sosialis dengan kegiatan yg bermanfaat, dengan kegiatan kebudayaan akan lebih sukses ketimbang orang2 yg menghabiskan waktunya untuk foya2, seks, dll.


Recomment bgt deh buat anak muda contoh deh kegiatan Indonesia Mengajar yg didiriin oleh Pak Anas Baswedan. Dari pada buat hal2 yg kaya gitu kan?. Bangga jadi diri sendiri itu bukan berarti nerima keadaan apadanya. Tapi bagaimana kita bisa menerima proses untuk memajukan keadaan tersebut. Inget juga deh kalo kita ngelakuin hal mulia kaya Indonesia Mengajar gitu. pasti semuanya bangga deh sama kita. Bukankah sebaik2 manusia adalah yg bermanfaat bagi org lain? Kembali lagi ke masalah Percaya Diri. Saya pernah liat di bandung, jogja dan kediri. betapa masyarakat dan anak mudanya begitu berdampingan dengan kebudayaan dan kemodernan. Modern itu bukan bukan berarti meninggalkan kebudayaan kan? Di Jogja masyarakatnya masih sangat berbudaya, namun juga tidak ketinggalan dengan perkembangan zaman. Di Bandung generasi muda bersaing sekreatif mungkin utk menyalurkan seni daerahnya. Di Kediri tepatnya dikampung inggris pare dimana budaya dan pembelajaran bahas asing sangat harmonis.



Itu merupakan sedikit contohnya, ada lagi nih contohnya, coba deh buka Distronya milik Daniel Mananta, DAMN ! I LOVE INDONESIA. Nah itu juga salah satu yg patut dicontoh. Karena pada dasarnya kebudayaan kita emg keren.

Emang belum banyak hal yang ane udah lakuin untuk negara ini, tapi setidaknya beberapa langkah kecil bisa membangun rasa kebangsaan yang tinggi, Udah deh yuk sekarang kita berlomba2 kembangin bakat, kembangin budaya, dan tancepin lagi rasa nasionalis kita. Inget Tahun 2015 adalah waktunya MEA (Mayarakat Ekonomi Asean). Kita persiapin lagi deh daya saing kita bagi negara luar, Daya saing buadaya, pariwisata dan SDMnya tentu.

Okedeh, semoga bermanfaat khususnya buat ane pribadi, dan umumnya untuk kita pemuda indonesia .

Komentar